Friday, November 25, 2005

Bedug Pendawa

(Dedicated to Purworejo Tourism)
Salah satu oleh-oleh Avary dari mudik Lebaran adalah melihat bedug yang sangat besar bernama Bedug Pendawa yang terletak di Masjid Agung Purworejo. Sebelum cerita bedug, harus cerita letak Purworejo, agar difahami lebih jauh mengenai Purworejo dapat dilihat di situs resmi Purworejo.

Masjid Agung Purworejo aslinya bernama Masjid Darul Muttaqien, terletak di sebelah barat alun-alun (adalah lapangan yang luas) Purworejo. Ada yang unik dari alun-alun Purworejo selain ukurannya yang memang luas (mungkin seluas 5-6 kali lapangan sepak bola, juga mengikuti kaidah kejawen yaitu di sebelah utara dan selatan adalah pusat pemerintahan yaitu rumah dinas bupati di sebelah selatan dan kantor pemerintah daerah tinggkat II Purworejo di sebelah utara, dan disebelah timur adalah gereja. Jadi utara-selatan urusan dunia (pemerintahan), barat timur urusan akhirat.

Kembali ke bedug biarlah gambar dan gambar keterangan bedug yang berbicara rasanya lebih bicara dari pada kata-kata. Ada 3 bedug sebenarnya, di masjid itu satu bedug yang besar itu, kemudian satu lagi ukuran sedang (itu yang setinggi Afa) dan ada lagi yang kecil diameter sekitar 1 meter kata Afa itu anak bedug yang paling kecil kayak Ari.

No comments:

Post a Comment