Wednesday, November 16, 2005

Hari ini kuenya apa

Hari ini kuenya apa, ya ?

Selama Ramadhan aktivitas Avary sengaja tidak diupdate karena keterbatasan waktu dan tenaga updaternya. Jika puasa waktu terasa begitu singkat dengan kesibukan yang terasa bertambah berat. Tapi jangan khawatir Avary tetap aktif mengukuti kegiatan Ramdhan baik di rumah maupun di masjid.

Kegiatan yang paling ditunggu oleh Afa adalah kegiatan Tarawih Anak di Masjid AsSalam, hasil gagasan cemerlang dari Pak Widi yang sangat mencintai anak dan kegiatannya (Never & don’t give up bro....!!!) dan tanpa terasa kegiatan ini sudah berlangsung selama 4 atau 3 tahun, ya dan semoga akan berlangsung terus dan semakin bervariasi.

Pak Widi, mungkin kita perlu pikirkan juga kegiatan untuk Mbak dan Teteh yang bertugas mengantar anak-anak, bisa nggak, ya ada semacam pengajian khusus untuk mereka sendiri dengan kemasan yang menarik tentunya...semacam kajian keputrian atau memasak ala Rudy Choirudi boleh juga.

Tarawih anak dilakukan dengan mempergunakan ruang kelas TPA (Taman Pengajian Al Qur'an), jadi tidak di masjid, yang di masjid adalah kategori dewasa. Pemisahan ini ternyata menyelesaikan 2 masalah sekaligus. Masalah orang tua yang ”merasa” ibadahnya terganggu oleh anak-anak dan anak-anak yang ”merasa” terganggu dengan orang tua yang selalu melarang. Penyelesaian yang cerdas...

Tarawih anak dilakukan selama 20 hari dari Ramadhan ke 1 sampai dengan ramadhan 20, lengkap dengan Imam (orang dewasa). Kegiatan dimulai dengan sholat Isyak dan dilanjutkan sholat tarawih, kemudian kegiatan permainan anak. Untuk kegiatan permainan anak terbagi menjadi 3 yaitu kelompok A 0 s/d 6 tahun (atau adik Play group s/d kelas 1 SD), Kelompok B 7-10 (kelas 2 s/d kelas 4) dan kelompok C kelas 5 ke atas.

Kegiatan permainan terdiri dari 4 tema besar yaitu Rukun Islam, Rukun Iman, Sholat dan tadabur alam, dan tentu saja dilengkapi dengna kuis dan game-game lain. Ini dilakukan setiap malam dengan jatah waktu dari adzan Isya s/d maksimal pukul 20.30. Acara harian diakhiri dengan pembagian kue dan minuman dari warga masyarakat dan orang tua anak.

Yang paling menarik Afa adalah pembagian kue, sehingga setiap mau berangkat ke masjid pertayaannya adalah ”hari ini kuenya apa, ya ?”

No comments:

Post a Comment